Platihan Drone

5 Aplikasi Drone untuk Pemetaan Terbaik

Aplikasi Drone untuk Pemetaan Terbaik

Aplikasi drone untuk pemetaan merupakan software yang akan membantu anda dalam melakukan mapping menggunakan drone. Pemetaan menggunakan drone ini akan meringankan tugas manusia karena bisa mendapatkan sebuah peta wilayah dengan gambar yang dihasilkan oleh drone (Fotogrametri).

Aplikasi Drone untuk Pemetaan

Aplikasi Drone untuk Pemetaan Terbaik

Penggunaan drone pada saat ini sudah banyak diminati, tidak hanya untuk fotograper saja, melainkan juga untuk pemetaan. Dengan menggunakan drone, pemetaan akan lebih mudah karena mengambil foto dari udara.

Aplikasi drone pada saat ini juga sudah semakin banyak, mungkin bagi anda yang masih baru dibidang drone dan mengalami kesulitan. Maka kami akan berikan beberapa aplikasi yang sudah kami gunakan untuk melakukan autopilot. Selain itu, dengan beberapa aplikasi ini anda bisa melakukan mapping dan keperluan lainnya.

Yah, walaupun pemetaan menggunakan drone ini tidak semudah yang dikatakan dalam artikel. Karena prosesnya cukup panjang dan berbelit-belit, harus instal aplikasi ini itu. Mereka yang mengatakan pemetaan dengan drone itu mudah karena menggunakan GPS lebih sulit dibanding drone.

Baca Juga: 5 Penyebab Drone Hilang Kendali dan Jatuh Ketika Terbang

1. Aplikasi Agisoft Photoscan

Aplikasi Drone untuk Pemetaan Terbaik agisoft

Aplikasi ini paling banyak dan populer dikalangan orang yang melakukan pemetaan dengan drone. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka memungkinkan anda untuk menghasilkan point cloud padat georeferensi, poligonal bertekstur model, elevasi digital dan orthomisaic. Ini dihasilkan dari satu set gambar yang tumpah tindih dengan informasi yang sudah didapat melalui drone.

2. Aplikasi Drone Deploy

Aplikasi Drone untuk Pemetaan Terbaik depoyAplikasi Drone untuk Pemetaan yang ke dua adalah Deploy. Aplikasi yang satu ini bisa anda dapatkan dengan gratis di play store ataupaun di desktop. Biasanya software ini akan menjalankan pengambilan data, selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pemrosesan data.

Yah, walaupun membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mendapatkan hasil akhirnya. Tapi, jika anda ingin lebih mudah mendapatkan hasil pemetaan, anda bisa membeli lisensi software ini agar pemrosesannya dilakukan secara otomatis.

3. Pix4DMapper

Aplikasi Drone untuk Pemetaan Terbaik pixad

Aplikasi yang satu ini hampir sama dengan aplikasi Agisoft photoscan. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk pengambilan data. Setelah data didapat, maka kita bisa langsung di proses dengan hasil akhir yang lebih beragam. Adapun beberapa output yang dihasilkan aplikasi ini sebagai berikut.

A. 3D Point Cloud
Rekonstruksi digital yang akurat dan geolokasi pada tiap-tiap titik. Dan biasanya Ditampilkan di dalam RGB atau class color.

B. Digital Surface & Terrain Model
Pix4Dmapper bisa menampilkan nilai elevasi pada tiap-tiap piksel. Dengan atau tanpa objek di atas tanah. (DTM / DSM)

C. Orthomosaic
Peta beresolusi tinggi yang memiliki geolokasi dengan setiap piksel gambar asli yang diproyeksikan ke model permukaan digital.

Orthomosaik ini nantinya bisa di proses lebih lanjut dalam aplikasi ArcGis.

D. Volume Calculation
Perhitungan volume akurat pada representasi prima berasal dari stockpile Anda, dengan ketinggian dasar yang bisa sesuai sepenuhnya.

E. Contour Lines
Aplikasi Pix4Dmapper bisa menghasilkan kontur yang sangat berfaedah di dalam pemetaan topography.

Baca Juga: Cara Dasar Memperbaik Drone

4. APS Menci

Aplikasi Drone untuk Pemetaan Terbaik menci

Aplikasi yang satu ini biasanya digunakan untuk fotogrametri. Sebenarnya aplikasi ini lebih mudah digunakan dibanding aplikasi agisoft. Akan tetapi masih banyak orang yang tidak familiar dengan antar mukanya. Hal inilah membuat banyak orang yang jarang memakainya.

5. AutoCAD

Aplikasi Drone untuk Pemetaan Terbaik autocad

Aplikasi drone untuk pemetaan yang satu ini merupakan perangkat lunat CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi. Jika boleh dikatakan, aplikasi ini merupakan yang paling banyak digunakan di dunia diantara software CAD lainnya.

Orang-orang yang menggunakan aplikasi ini adalah insiyur sipil, land developper, arsitek, insiyur mesin, desainer interior dan masih banyak lainnya.

Nah itulah beberapa Aplikasi Drone untuk Pemetaan yang bisa kami sampaikan. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi anda. Bagi anda yang ingin mengikuti pelatihan drone mapping, anda bisa langsung menghubungi nomer kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *