Platihan Drone

Cara Dasar Memperbaiki Drone

Cara Dasar Memperbaiki Drone crash

Cara Dasar Memperbaiki Drone – Siapa yang disini tidak tahu mengenai drone? Pasti tahu semuanya tahu yah, terutama kalian yang tinggal di daerah perkotaan. Pesawat tanpa awak ini dikendalikan melalui sinyal wifi. Sama seperti barang lainnya yang sangat rentan rusak akibat kecelakan ataupun kesalahan dalam penggunaannya.

Oleh karena itu untuk menerbangkan drone harus berhati-hati karena drone ini sangat rentan terhadap benturan yang keras.

Cara Dasar Memperbaiki Drone

Cara Dasar Memperbaiki Drone crash

Rata-rata kerusakan pesawat tanpa awak ini diakibatkan oleh kecelakaan seperti terjatuh secara kasar, mendarat dengan keras, menabrak dinding ataupun pohon. Bahkan ada beberapa kasus drone masuk kedalam kolam ataupun selokan depan rumah. Semua ini merupakan wajar, terutama bagi para pemula yang baru saja menerbangkan drone. Jadi untuk itu anda bisa belajar menggunakan drone yang memiliki harga lebih murah yah.

Baca Juga: 5 Penyebab Drone Hilang Kendali dan Jatuh Ketika Terbang

Cara Memperbaiki Drone

Semua kasus ini sebenarnya bisa anda atasi sendiri kok. Dengan beberapa cara dasar memperbaiki drone yang sudah kami rangkum ini akan membantu anda. Untuk bisa memperbaiki drone untuk pemula, anda bisa ikuti beberapa tips kami dibawah ini.

1. Drone Tidak Mau Menyala Akibat Crash

Ketika anda menerbangkan drone secara sembarangan ataupun tidak berhati-hati, maka bisa saja drone anda terhempas. Contohnya saja anda menerbangkan ketika angin kencang dan membuat drone anda terhempas dan tidak bisa menyala lagi.

Hal ini terjadi akibat putusnya kabel power yang menyambungkan antara baterai lipo menuju power board pada PCB drone. Untuk mengatasi ini, anda bisa membongkar drone secara hati-hati. Perhatikan kabel power yang menghubungkan baterai lipo apakah putus atau tidak.

Bisa dibilang hampir semua drone kelas mainan hingga menengah memiliki power distribution yang hampir sama. Kabel yang putus ini bisa anda perbaiki dengan cara menyolder ulang dengan timah sertah cairan solder untuk menempelkannya kembali. Setelah itu anda bisa langsung mencoba menyalakannya.

2. Drone Terbang Miring

Cara Dasar Memperbaiki Drone

Biasanya drone yang terbang miring ini akibat anda tidak sengaja menabrakkannya ke dinding. Tentu saja drone yang anda miliki pasti akan mengalami kerusakan, entah itu patah pada baling-baling hingga mengalami terbang miring kekiri atau kekanan.

Biasanya drone terbang miring ini diakibatkan oleh gyroscope yang tidak sesuai. Tapi tenang, pasti ada jalan untuk memperbaikinya yaitu dengan mengkalibrasi ulang drone. Setelah anda mencoba menerbangkannya dan masih sama saja anda bisa langsung membongkar drone.

Kemudian periksalah kondisi board PCB apakah ada kabel atau baut yang terlepas hingga membuat papan PCB menjadi longgar. Setelah melakukan pemeriksaan kondisi papan PCB terutama chip gyroscope pastikan berada ditempat yang datar dan tidak miring. Jika miring anda bisa mengganjalny dengan kertas atau benda lainnnya agar posisi papan menjadri rata.

3. Drone Tidak Bisa Terbang

Cara Dasar Memperbaiki Drone yang ketiga ketika drone tidak bisa terbang. Jika anda ingin menerbangkan drone yang anda miliki di daerah berpasir, kami sarankan untuk menggunakan landing page agar pasir tidak masuk kedalam motor drone. Tahukah anda bahwa inilah penyebab baling-baling propeller pada drone tidak mau terbang walaupun sudah berputar. Bisa diibaratkan drone kehilangan power.

Satu-satunya cara untuk bisa membuat drone terbang lagi adalah dengan membersihkan motor dari pasir dengan cara membongkarnya. Anda juga bisa menyemprotkan cairan pembersih dinamo dari pasar. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan gir-gir pada pemutar dinamo. Apabila drone milik anda ada girnya, jangan lupa untuk sedikit memberikan pelumas. Ini agar drone tidak terbalik atau mirik ketika diterbangkan.

Baca Juga: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Drone

4. Drone Mati Akibat Masuk Kolam

Salah satu lokasi yang paling ditakuti oleh semua pilot drone adalah daerah sungai, danau, dan laut. Hal ini dikarenan tempat-tempat seperti ini terdapat air yang cukup dalam dan luas. Karena kebanyakan beranggapan kalau drone masuk kedalam air bisa menyebabkan kerusakan.

Tapi, anda tidak perlu takut karena jika drone anda memang masuk kedalam air, tapi masih dalam keadaan mengapung. Itu beratanda bahwa drone masih ada harapan untuk bisa terbang kembali. Untuk mengatasinya, anda bisa langsung membawanya kerumah, membuka body drone dan mengeringkannya dengan hair dryer.

Setelah membongkar dan mengeringkannya, anda bisa langsung memasukan kompenen drone kedalam karung beras selama 2 hari. Ini agar drone yang anda miliki benar-benar kering. Setelah itu anda bisa menyalakan drone seperti biasanya. Bisa dibilang ini merupakan cara dasar memperbaiki drone yang bisa anda lakukan.

Kalau memang belum bisa menyala, anda bisa mengganiti baterai lipo yang digunakan. Karena biasnya baterai mengalami kerusakan. Anda juga bisa memeriksa PCB power apakah ada bagian yang konselt atau terbakar. Apabila ada kabel yang terbakar anda bisa langsung menggantinya.

5. Baterai Cepat Habis

Cara Dasar Memperbaiki Drone baterai

Cara Dasar Memperbaiki Drone yang kelima adalah baterai cepat habis. Tentunya sangat menjengkelkan ketika baru menerbangkan drone baterai lipo sudah kehabisan power. Bahkan yang menjengkelkan lagi, ketika anda sudah menerbangkannya tinggi dan jauh tiba-tiba drone mati akibat kehabisan daya.

Hal ini sudah bisa dipastikan jika kondisi baterai lipo sudah rusak dan tidak layak untuk digunakan. Tentunya baterai drone memiliki usia pemakaian, dan apabila rusak solusinya adalah anda bisa membeli baterai yang baru.

Jangan sekali-kali mencoba untuk menggunakan atau memperbaiki baterai drone yang sudah rusak. Karena selain berbahaya bisa juga berpoternsi untuk meledak dan terbakar. Alangkah baiknya anda membeli baterai yang baru daripada anda membahayakan diri anda dan orang lain. Dan tentunya ini juga akan merusak drone anda.

Sekian artikel yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Dasar Memperbaiki Drone yang bisa anda lakukan dirumah. Semoga aritikel ini memberikan manfaat bagi anda semuanya yang membacanya. Bagi anda yang ingin mengikuti pelatihan drone untuk pemetaan dari kami, anda bisa langsung menghubungi nomer kami di website yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *