Platihan Drone

5 Jenis Drone dan Fungsinya yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Jenis Drone dan Fungsinya

5 Jenis Drone dan Fungsinya – Semua orang pasti tahu dong dengan alat yang memiliki nama drone ini? Jika anda pernah melihat tayangan televisi dengan sudut pandang dari atas langit, maka pengamblikan gambar itu dari atas. Dan bisa kita pastikan bahwa itu menggunakan alat yang bernama drone.

Jenis Drone dan Fungsinya

Jenis Drone dan Fungsinya

Drone merupakan sebuah alat seperti helicopter dengan bentuk yang kecil dan pada awalnya itu digunakan hanya untuk kegiatan militer. Tentunya fungsi dari drone militer ini untuk mengumpulkan data intelijen terkait target yang akan disasar. Selain itu, drone juga digunakan sebagai senjata yang bisa menembak dan mengebom sesuai sasaran loh.

Semakin berkembangnya teknologi, kini drone tidak hanya digunakan sebagai alat militer saja loh. Drone kini sudah banyak diperjual belikan secara umum dan masyarakat sipil sudah bisa mencicipinya. Ternyata oh ternyata, jenis drone dan fungsinya itu ada banyak loh terutama yang beredar saat ini.

Oleh karena itu, kita sudah sedikit merangkum beberapa jenis drone yang mungkin anda belum tahu dan kenal. Apa saja itu? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga: 5 Drone Tercanggih di Dunia

1. Quadcopter

Jenis Drone dan Fungsinya Quadcopter

Ini merupakan jenis drone yang paling awal dan paling populer di Dunia. Mungkin jika anda ke toko drone, anda akan sering melihat jenis drone yang satu ini. Memiliki model 4 baling-baling dengan formasi persegi yang mana semuanya berfungsi untuk mengangkat dan membelokan drone.

Drone yang memiliki empat baling-baling ini didesain tanpa kepala. Sehingga anda akan lebih mudah mengarahkan drone sesuka hati anda.

Quadcopter ini rata-rata memiliki ukuran kecil dan dilengkapi dengan kamera yang ada pada badan drone. Selain itu, ada juga yang hanya memberi dudukan untuk meletakkan kamera kecil. Pada umumnya kamera yang digunakan drone jenis ini memiliki kualitas HD (High Definition) untuk memberi gambar yang terang dan jelas.

Sama seperti jenis drone lainnya, drone ini juga menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Baterai dari drone quadcopter hanya mampu bertahan selama 5-10 menit saja. Untuk itu, anda harus memiliki baterai cadangan jika ingin menerbangkannya dalam waktu yang lama.

2. GPS Drone

Jenis Drone dan Fungsinya GPS Drone

Sesuai seperti namanya, drone jenis ini selalu terhubung dengan GPS dari satelit. Keistimewaan drone ini adalah bisa kembali ke titik keberangkatan tanpa perlu kita mengendalikannya. Drone akan kembali ke titik awal jika baterai drone sudah melemah atau sudah ke luar area kendali remote control.

Untuk bisa kembali ke titik semula, anda harus mengaturnya terlebih dahulu menggunakan komputer. Jadi anda tidak perlu repot lagi mengendalikannya karena sebelumnya sudah diatur.

Tapi, agar drone bisa menangkap sinyal GPS secara maksimal, sebaiknya anda terbangkan drone ketika cuaca terang dan tidak berawan. Dengan seperti ini, drone yang anda miliki tidak akan mengalami kendala membaca titik GPS yang sebelumnya sudah diprogram.

3. RTF Drone

Jenis Drone dan Fungsinya RTF Drone

Drone yang satu ini sangat cocok digunakan oleh para pemula. Seperti Namanya, RTF (Ready to Fly) jadi drone ini sudah bisa langsung di terbangkan. Anda bisa membeli drone ini, keluarkan dari boks, cas baterai hingga penuh, dan anda sudah siap menerbangkannya.

Mengendalikan drone RTF ini sangat mudah, karena memang dirancang khusus untuk para pemula. Bentuknya seperti jenis drone Quadcopter, hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil. Hal inilah yang menyebabkan drone ini mudah untuk diterbangkan.

4. Trick Drone

Jenis Drone dan Fungsinya Trick Drone

Jenis drone yang ke empat ini adalah trick drone. Jika anda sudah bisa mengendalikan RTF drone, maka saatnya anda mencoba drone yang satu ini. Drone jenis ini tidak hanya bisa anda ajak naik turun, atau belok kanan kiri saja loh. Tapi drone ini bisa anda ajak untuk melakukan trik manuver seperti berputar keatas dan trik lainnya.

Memiliki ukuran tidak besar sekitar 26 cm untuk panjangnya, dan beberapa gram untuk beratnya. Dilengkapi dengan remote control yang user friendly bagi para pemula. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan kamera, hanya saja masih belum HD.

5. Helicopter Drone

Jenis Drone dan Fungsinya Helicopter Drone

Jika biasanya drone memiliki minimal 4 baling-baling, berbeda dengan helicopter drone ini, karena drone ini hanya menggunakan satu mesin saja. Bisa dibilang ini merupakan miniatur dari helicopter, karena memiliki bentuk yang sama. Menggunakan satu motor membuat drone ini sangat mudah untuk melayang tetap pada satu titik.

Tidak hanya itu, menerbangkan drone ini juga cukup mudah dibandingkan dengan drone yang memiliki 4 baling-baling. Drone ini memiliki bagian depatn, sehingga anda harus bisa mengarahkannya dengan baik dan benar. Untuk urusan kecepatan, drone ini masih belum bisa diandalkan.

Baca Juga: 5 Drone Terkecil di Dunia

Nah, itulah beberapa jenis drone dan fungsinya. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Bagi anda yang masih pemula dalam menerbangkan pesawat tanpa awak ini, anda bisa mengikuti pelatihan drone yang akan kami adakan setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *