Platihan Drone

5 Manfaat Drone untuk Pertanian yang Bisa Meringankan Tugas Petani

Manfaat Drone untuk Pertanian penyemprotan

Manfaat Drone untuk Pertanian – Perkembangan teknologi di zaman Revolusi industri 4.0 ini tidak perlu ditanyakan lagi, karena sudah sangat bertumbuh pesat. Terlebih lagi di bidang pertanian sudah ada berbagai invoasi yang beragam jenisnya. Mulai dari invoasi bibit, benih, teknik bertani, hingga teknologi invoasi pertanian untuk mempermudah proses hingga kemudahan pertanian.

Manfaat Drone untuk Pertanian

Manfaat Drone untuk Pertanian

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat drone untu pertanian. Seperti yang kita ketahui, drone merupakan pesawat tanpa awak yang bisa dikendalikan untuk menganalisis dengan berbagai tujuan tertentu. Drone sendiri merupakan inovasi yang inovatif yang cukup membantu kegiatan manusia, salah satunya dalam bidang pertanian.

Terlebih lagi, kemampuan drone untuk menganalisis cukup akurat serta sangat cepat. Teknologi yang satu ini berkembang cukup pesat. Dulu drone hanya digunakan untuk militer saja, seperti menembak dan memata-matai. Saat ini drone sudah bisa dimanfaatkan oleh siapa saja bahkan oleh para petani.

Baca Juga: Rekomendasi Drone untuk Pemula

Teknologi drone dalam sektor pertanian ini banyak mendatangkan manfaat. Ini juga merupakan salah satu teknologi yang mampu memberikan solusi revolusioner dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas panen. Keberadaan drone ini membuktikan bahwa teknologi itu bukan untuk ditakuti melainkan untuk dimanfaatkan. Untuk itu simak beberapa menfaat drone untuk pertanian yang sudah kami rangkum dibawah ini..

1. Analisis Kebun

Manfaat Drone untuk Pertanian analisa kebun

Drone ini bisa membantu para petani melakukan persiapan sebelum musim tanam tiba. Dengan menggunakan alat ini, kita akan mengetahui kondisi kebun secara menyeluruh. Tidak hanya itu, drone juga bisa melakukan pemetaan kondisi kebun secara 3 dimensi.

Setelah mendapatkan pemetaan kondisi kebun, maka kita bisa menggunakan data tersebut untuk menganalisi kondisi lahan pertanian. Hasil dari analisis inilah yang bisa kita gunakan untuk menentukan pola penanaman bibit yang maksimal.

2. Penanaman

Manfaat Drone untuk Pertanian penanaman

Keberadaan drone ini juga bisa kita manfaatkan untuk membantu dalam penanaman bibit loh. Dengan menggunakan alat ini, kemungkinan penanaman berlangsung akan lebih cepat. Tidak hanya itu, kemampuannya yang menanamkan bibit ke tanah, tetapi juga bisa melakukan pemupukan.

Di waktu yang sama juga, cara ini bisa berguna untuk mengurangi biaya untuk ongkos penanaman yang bisa mencapai 85 persen.

3. Penyemprotan Tanaman

Manfaat Drone untuk Pertanian penyemprotan

Manfaat drone untuk pertanian yang ketiga adalah bisa melakukan penyemprotan tanaman di kebun. Drone terbaru memiliki banyak fitur yang bisa melakukan penyemprotan secara efektif dan tentunya lebih maksimal. Anda juga bisa mendapatkan drone yang dilengkapi dengan kemampuan mengeluarkan suara ultrasonik ataupun laser. Ini berguna untuk mengenali struktur tanah yang ada pada kebun anda.

Fitur yang satu ini membuat drone mampu melakukan penyemprotan secara lancar tanpa adanya tabrakan dengan drone lainnya. Tidak hanya itu, fitur ini akan membantu mengumpulkan data dari permukaan tanah. Data yang dihasilkan ini berguna untuk menentukan jumlah cairan yang perlu disemprotkan. Semua ini bisa dilakukan secara real time dengan jangkauan yang luas.

4. Menilai Kesehatan Tanaman

Manfaat Drone untuk Pertanian kesehatan tanaman

Mengamati kondisi tanaman adalah suatu tugas berat bagi petani, apalagi jika ukuran kebunnya sangat luas. Tapi tenang, permasalah ini sekarang sudah bisa di selesaikan dengan adanya bantuan dari drone. Terlebih lagi proses pengamatan ini bisa dilakukan secara singkat dan menggunakan tenaga yang tidak banyak dari drone.

Penilaian kesehatan tanaman kebun dengan menggunakan drone ini bisa dilakukan dengan efektif. Terlebih lagi drone sudah dilengkapi dengan kamera dan infra merah yang mana ini memungkinkan anda bisa melihat adanya jamur atau bakteri pada tanaman. Dengan cara ini kita bisa lebih cepat mengetahui permasalahan dan langsung cepat mengatasinya.

5. Sensor Irigasi

Manfaat Drone untuk Pertanian sensor irigasi

Manfaat drone untuk pertanian yang terakhir adalah sensor irigasi. Drone yang sudah dilengkapi dengan sensor thermal, huperspectral bisa anda manfaatkan untuk melihat kualitas tanah. Sensor ini akan membantu anda menunjukkan area yang terlihat kering dan membutuhkan lebih air. Dengan data yang didapatkan ini anda bisa langsung meningkatkan sistem pengairan tanah.

Baca Juga: Tips Membeli Drone untuk Pemula

Nah, itulah beberapa manfaat drone untuk pertanian yang perlu anda ketahui. Bagaimana menurut kalian? Keren tidak? Tentunya keren yah terlebih lagi bisa meringankan tugas para petani. Mungkin sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Kami saat ini sudah membuka kelas pelatihan drone bagi anda yang ingin belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *