Platihan Drone

Terbangkan Drone, Taati Peraturan Menerbangkan Drone di Indonesia

Peraturan Menerbangkan Drone di Indonesia

Peraturan Menerbangkan Drone di Indonesia – Pesawat tanpa awak atau yang lebih dikenal dengan drone merupakan alat yang akhir-akhir ini sedang populer di kalangan masyarakat. Mulai dari Hobbyist, profesional movie maker, maupun kalangan pemerintahan sudah menggantungkan kebutuhan aerial image mereka pada drone ini. Tapi apakah kita semua benar-benar siap dalam menerbangkan drone?

Peraturan Menerbangkan Drone di Indonesia

Peraturan Menerbangkan Drone di Indonesia 1

Tentunya menerbangkan memang suatu kegiatan yang menyenangkan, karena kita bisa melihat segala sesuatau dari ketinggian. Yah walaupun langit ini amat luas, bukan berarti kita bisa menerbangkan drone kemana saja yang kita inginkan. Ada peraturan menerbangkan drone di Indonesia yang mana kementrian perhubungan sudah mengesahkan peraturannya pada tahun 2015.

Kita tidak bisa menerbangkan drone dengan sembarang ini dikarenakan ini adalah alat yang berbahaya. Kenapa bisa demikian? Drone merupakan teknologi yang mana masyarakat bisa memilikinya dan memungkinkan mereka melakukan apapun tanpa batas dari jarak jauh. Dulunya drone ini hanya dimiliki oleh instansi tertentu dan digunakan untuk kegiatan seperti memotret, pemetaan, menyiram kebun, pengiriman barang, dan lain-lain.

Sekarang ini kita bisa memilikinya sendiri-sendiri, kita bisa bayangkan yang fungsi utama drone hanya digunakan untuk memotret malah dialih fungsikan ke hal yang lain. Sangat berbahaya bukan?

Dan apabila para pemuda mungkin itu anak anda atau teman anda tiba-tiba kehilangan kontrol ketika mengendalikan drone dan merusak property atau mencederai orang lain. Apakah mereka sudah siap dengan konsekuensinya?

Drone ini merupakan simbol dari perubahan, dan memungkinkan kita bisa selangkah lebih maju ketika memilikinya. Tapi pada saat yang sama juga kita bisa saja (sengaja ataupun tidak sengaja) untuk merugikan orang lain. Oleh karena itu sambil menunggu drone yang lebih aman dan regulasi yang lebih detail alangkah baiknya kita untuk menerbangkan drone dengan penuh tanggung jawab (FLY RESPONSIBLY).

Baca Juga: 4 Drone Fotografer Terbaik

Peraturan Kementrian Perhubungan No.180/2015

Peraturan Menerbangkan Drone di Indonesia

Peraturan yang satu ini dikeluarkan untuk mengontrol pengoperasian pesawat tanpa awak. Yang mana ini adalah pembaruan dari peraturan yang sudah ada sebelumnya yaitu peraturan Kementrian Perhubungan No.90/2015.

Peraturan Menerbangkan Drone di Indonesia yang dibuat oleh Kementrian Perhubungan sudah mencakup larangan untuk menerbangkan drone di beberapa area. Area yang dilarang ini adalah Kawasan Udara Terlarang (Prohibited Area), Kawasan Udara Terbatas (Restricted Area), dan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) pada bandara. Aturan ini juga mengatur batas maksimal ketinggian dari drone yang tidak boleh lebih dari 150m.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih Drone DJI Phantom 4 Pro

Selain mengatur area penerbangan drone, peraturan ini juga dengan jelas mengatur jenis, tujuan dan lisensi yang dibutuhkan ketika mengoperasikan drone. Misalkan, sebuah drone yang memiliki berat lebih dari 25kg dan digunakan untuk hobi ataupun rekreasi harus bisa memenuhi peraturan yang ada pada CASR.

Sedangkan kalau drone digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti patroli batas negara, patroli laut, survei, pengamatan cuaca, ataupun pembuatan film, maka operator drone wajib untuk menyertakan jadwal penerbangannya.

Cara untuk Fly Responsibly

– Perikasa kondisi drone sebelum menerbangkannya. Mulai dari sinyal, propeller, dan part-partnya.
– Latihlah kemampuan anda dalam menerbangkan drone. Misalkan anda ingin menerbangkannya untuk kebutuhan pemetaan, anda bisa mengikuti pelatihan drone untuk mapping dan dapatkan lisensi pilotnya.
– Terbangkan di area yang terbuka dan jauh dari kerumunan orang, dan bangunan.
– Cek kondisi cuaca sebelum terbang. Jika berangin alangkah baiknya tidak menerbangkannya.
– Tunggu hingga sinyal GPS kuat sebelum terbang.
– Sesuai dengan aturan Pemerintah, jangan terbang melebihi 150m.
– Jangan tergantung pada autopilot.
– Jangan terbang di area yang dilarang seperti bandara, penjara, kantor negara.
– Pastikan jarak antar drone dengan bangunan atau orang 50m.
– Ketika anda menerbangkan drone dan merugikan orang lain, maka pastikan anda bertanggung jawab ke semua pihak terkait.

Menjadi sebuah pilot dari drone merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tapi ini bukan berarti anda bebas melakukan hal menyenangkan dengan melupakan sisi keamanan dan keselamatan. Jadilah seorang pilot drone yang bertanggung jawab dan Menaati Peraturan Menerbangkan Drone di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *