Platihan Drone

6 Tips Membeli Drone untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Tips Membeli Drone untuk Pemula terbaik

Tips Membeli Drone untuk Pemula – Drone adalah teknologi baru yang semakin banyak disukai pada saat ini. Pesawat tanpa awak ini mampu mengendalikan dirinya sendiri ataupun dikendalikan oleh penggunanya dari jarak jauh. Mulai populer karena digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk melakukan pengintaian dan menyerang ke markas lawan dengan misil yang dibawanya.

Tips Membeli Drone untuk Pemula

Tips Membeli Drone untuk Pemula terbaik

Tapi, akhir-akhir ini fungsi drone sudah mulai berubah dari fungsi awalnya. Ya, drone saat ini tidak hanya digunakan untuk keperluan militer saja. Masyarakat juga bisa memanfaatkan drone sebagai hiburan ataupun membantu bisnis mereka loh. Bagi mereka yang memiliki profesi sebagai fotografi, vidiografi, atau wartawan keberadaan drone ini sangatlah membantu kegiatan mereka.

Jika dulu untuk mendapatkan foto ataupun vidio harus naik ke tempat tinggi atau naik helicopter. Sekarang ini, kita hanya perlu engerbangkan drone saja kita sudah bisa mengambil gabar dari ketinggian dengan sudut 180 derajat. Maka jangan heran kalau keberadaan drone saat ini semakin banyak di sukai.

Saat ini, sudah banyak orang yang ingin memiliki drone. Baik itu untuk mengambil gambar, vidio, ataupun digunakan untuk bersenang-senang. Drone sendiri memiliki banyak jenis dan tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Mulai dari drone mini untuk para pemula, dan drone berukuran besar untuk para profesional.

Tentunya sebelum anda membeli drone, alangkah baiknya jika kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis-jenis drone yang ada. Dengan begitu, anda akan tahu mana drone yang cocok sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Manfaat Drone Bagi Kehidupan

Cara Memilih Drone untuk Pemula

Terlebih lagi, drone memiliki harga yang tidak murah, apalagi jika dilengkapi dengan kemampuan dan fasilitas yang semakin oke. Maka, sangat sayang sekali jika anda membeli drone asal beli dan ternyata tidak sesuai dengan yang anda butuhkan.

Selain itu, anda juga anda juga haru paham betul mengenai cara penggunaannya, perawatan, hingga aksesoris yang dibutuhkan untuk calon drone yang akan anda beli nantinya. Oleh karena itu anda bisa ikuti beberapa tips membeli drone untuk pemula dari kami. Silahkan simak tipsnya dibawah ini yah.

1. Pahami Fitur Drone

6 Tips Membeli Drone untuk Pemula

Setelah anda sudah tahu mengenai jenis-jenis drone terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, maka Tips Membeli Drone untuk Pemula selanjutnya adalah melihat fitur yang ditawarkan drone tersebut. Bagi anda yang masih pemula, anda bisa memilih drone dengan fitur auto landing dan auto take off. Ini menjadi pilihan yang tepat agar anda tidak bingung bagaimana cara menerbangkannya dan mendaratkannya.

Tentunya drone yang baru dibeli sudah bisa langsung diterbangkan. Tapi untuk kita yang masih pemula alangkah baiknya untuk membeli drone dengan kontrol yang lebih mudah.

Selain itu, anda juga perlu memeriksa kode drone yang dibeli. Apakah itu RTF (Ready to Fly) yang bisa langsung diterbangkan setelah memasang baling-baling dan mengisi daya baterai. BNF (Bird and Fly) yang sudah utuh, tapi harus membeli pengendali jauh, ataukah itu ARF (Almost Ready to Fly) yang berarti anda harus menyusun terlebih dahulu.

2. Perhatikan Body Drone

Perlu kita ketahui bahwasanya tidak semua drone mudah untuk diterbangkan. Setiap drone memiliki pengaturan penerbangan masing-masing yang ada di komputer. Bagi anda yang baru pertama kali menerbangkan drone, alangkah baiknya jika memilih drone dengan body yang tangguh tapi memiliki berat yang ringan.

Semahal apapun drone yang kamu beli, jika terlalu berat dan anda masih belum mahir mengendalikannya ya tentunya akan susah diterbangkan. Tidak mungkin ketika sudah beli, anda cuma menaruhnya saja untuk pajangan. Jadi, pilihlah drone yang memiliki body ringan tapi kuat biar tidak mudah pecah ketika jatuh ataupun tabrakan.

3. Jangkauan dan Lama Terbang

Tips Membeli Drone untuk Pemula yang ketiga adalah jangkauan dan lamanya drone terbang. Setiap jenis drone memiliki jangkauan dan lama terbang yang berbeda-beda. Dalam memilih drone terbaik, anda harus mempertimbangkan jangkauan terbang dan lamanya ketika terbang. Ada drone yang jangkauan hanya 20 meter saja, ada pula yang sampai puluan kilometer.

Lagi-lagi ini kembali kepada kebutuhan masih-masing. Jika anda membeli drone untuk hiburan semata, lebih baik yang jangkauannya tidak terlalu jauh dan sudah dilengkapi dengan GPS serta autopilot sehingga lebih memudahkan anda mengetahui letak drone.

Biasanya lama atau tidaknya terbang drone ditentukan dengan kapasitas baterai. Drone yang memiliki baterai kecil biasanya mampu terbang selama 15-30 menit. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai drone untuk kembali penuh juga cukup lama, yaitu sekitar 2-3 jam. Untuk mengatasi ini, anda bisa membeli baterai cadangan untuk digunakan keperluan bisnis ataupun pekerjaan lain.

4. Baling-Baling

Drone yang bagus dan baik memiliki baling-baling yang kuat dan pelindung fleksibel. Ini membuat baling-baling tidak mudah rusak saat terjadi kecelakaan atau tabrakan kuat. Walaupun kelihatan sepele, tapi para pemula yang baru menerbangkan drone harus mempertimbangkan hal ini dengan baik. Karena ini merupakan salah satu tips membeli drone bagi para pemula yang paling sering dilupakan oleh banyak orang.

5. Kualitas Kamera

Setiap drone yang akan anda beli biasanya sudah dilengkapi dengan kamera bawaan, dan tentunya ini perlu anda pertimbangkan ketika ingin membeli drone. Saat ini saja sudah banyak produsen drone yang menawrkan drone dengan kamera yang mampu merekam vidio hingga resolusi 4k bahkan 5k. Semakin bagus kamera, tentunya semakin mahal pula harganya.

Jika budget yang anda miliki pas-pasan, maka resolusi 1920×1080 sudah cukup bagus. Ada juga looh beberapa orang yang menggunakan kamera terpisah seperti GoPro atau kamera action lainnay. Biasanya mereka memilih drone dengan kamera yang bisa dilepas.

6. Harga Drone

Tips Membeli Drone untuk Pemula

Tips membeli drone untuk pemula yang terkahir dan tentunya perlu anda pertimbangkan adalah harga drone itu sendiri. Ingat, belilah barang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan yah gengs.

Jika anda ingin membeli drone untuk dronies saja, maka lebih baik anda membeli drone dengan harga kurang dari Rp 500.000. Jika beli untuk yang lebih penting, seperti pekerjaan atau lainnya, maka anda bisa mempertimbangkan kualitas bagusnya. Tentunya untuk mendapatkan anda perlu harga yang lebih mahal.

Baca Juga: Rekomendasi Drone untuk Pemetaan

Itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Membeli Drone untuk Pemula. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua yang ingin membeli drone. Perlu anda ingat, belilah sesuai dengan kebutuhan yah. Satu lagi, saat ini kami juga sudah membuka pelatihan drone bagi para pemula loh. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *