Platihan Drone

5 Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula yang Perlu Anda Ikuti

Drone saat ini sudah semakin berkembang dan diminati oleh banyak orang, terlebih lagi harga yang semakin terjangkau dan cara menerbangkannya. Walaupun mudah, namun untuk pemula yang baru saja menyentuhnya akan merasa kesulitan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda menyimak beberapa tips menerbangkan drone bagi pemula yang akan kami rangkum dibawah ini.

Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula

Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula

Kelihatannya untuk mengoperasikan sebuah drone cukup mudah, tapi sebenarnya gampang-gampang susah. Yah, mungkin ini karena baru pertama kali menerbangkannya tapi jika sudah beberapa kali anda mencoba pasti akan terbiasa. Apakah anda saat ini sedang berlatih untuk menerbangkan drone?

Jika anda sudah memiliki drone, maka segeralah untuk memulai belajar menerbangkannya. Hal penting yang wajib anda ketahui adalah jangan pernah takun untuk memulai. Anda bisa mempelajari dulu kertas yang ada pada drone dengan baik dan jangan pernah takut salah. Tapi anda harus tetap berhati-hati yah.

Pahamilah dengan baik perbedaan tombol dan stik yang ada pada remote control drone, ini merupakan kunci utama. Setiap drone memiliki pemancar yang jumlah tombolnya berbeda-beda. Tapi tenang, stik dari remote control terbagi menjadi 2 yaitu stick kanan dan stik kiri.

Kedua stik ini mengontrol 90 persen manuver dasar yang bisa anda lakukan dengan drone yang anda miliki. Oleh karena itu, anda harus menguasai agar nantinya sudah terbiasa. Satu hal lagi, pastikan anda gunakan settingan default yang sama. Sebelum masuk ke tips menerbangkan drone untuk pemula, alangkah baiknya kita mengenai lebih detail dan fungsi stik drone dulu.

Baca Juga: Rekomendasi Drone untuk Pemula

Stik Kanan

Stik sebelah kanan pada remote control ini mengontrol roll dan pitch drone.

  • Roll

Roll merupakan gerakan drone ke samping. Jadi gerakan stik ini hanya bisa ke kanan dan ke kiri yah. Jika anda menggerakan stik ke kiri maka drone akan otomatis mengikutinya, begitu juga sebaliknya.

  • Pitch

Pitch ini merupakan pergerakan maju mundur. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menekan stik kanan ke arah atas ataupun bawah. Maka otomatis drone akan bergerak maju atau mundur.

Agar bisa membuat gerakan drone yang baik, maka anda harus tahu arah drone mana depan dan belakang yah.

Stik Kiri

Stik kiri terdiri dari dua aspen untuk menerbangkan drone yaitu Yaw dan Throttle.

  • Yaw

Yaw merupakan berputarnya multirotor kiri dan kanan. Simpelnya, jika anda mendorong stik ke arah kiri, maka drone akan berputar ke kiri. Begitupun sebaliknya. Berputar ini untuk membantu anda menghadap ke drone tanpa perlu pindah tempat.

  • Throttle

Sedangkan Throttle ini ialah pergerakan drone naik turun. Jika anda menggerakannya ke atas, maka drone akan naik ke atas begitupun sebaliknya. Ketika ingin menerbankannya, anda harus menghafal kecepatan dari throttle untuk sisi keamanan.

Untuk lebih singkatnya Joystick Bagian Kanan
– Gerakan Ke atas berguna untuk memajukan drone
– Gerakan Ke bawah berguna untuk memundurkan drone
– Gerakan Ke kanan berguna untuk membelokkan laju drone ke kanan
– Gerakan Ke kiri berguna untuk membelokkan laju drone ke Kiri

Joystick Bagian Kiri
– Gerakan Ke atas berguna untuk menaikkan drone
– Gerakan Ke Bawah berguna untuk Menurunkan drone
– Gerakan Ke Kiri berguna untuk Memutar drone ke kiri
– Gerakan Ke Kanan berguna untuk Memutar drone ke Kanan

5 Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula yang Wajib di Ikuti

Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula remote

Setelah mengetahui dari joystikc dari remote control drone, sekarang waktunya masuk ke tips menerbangkan drone bagi pemula. Semoga tips ini membantu anda agar terhindar dari hala-hal yang tidak diinginkan.

1. Persiapkan Perangkat Drone

Bagi anda sebagai pemula, alangkah persiapkan semuanya dengan lengkap. Untuk lebih memudahkannya anda bisa membaca buku panduan dan mengikuti instruksinya. Pastikan baterai drone dan remotenya sudah terisi penuh dan baling-baling dalam keadaan yang baik.

Selain itu, ketahui juga kemampuan drone anda, seperti jarak jelajah antara drone dan sinyal remote. Hal penting lainnya adalah berapa lama durasi terbang dan kapasitas baterainya.

2. Pahami Aturan

Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula yang kedua dan tidak bisa anda hiraukan adalah pahami aturan untuk menerbangkannya. Peraturan ini berlaku secara Internasional termasuk di negara Indonesia. Misalnya saja tidak boleh untuk menerbangkan drone di area terlarang seperti bandara, kawasan militer, ataupun area publik kecuali sudah meminta izin terlebih dahulu.

3. Terbangkan di Tempat yang Luas

Ketika anda sudah siap menerbangkan drone, alangkah baiknya anda menerbangkannya di tempat yang luas. Terlebih lagi jika anda seorang pemula, takutnya drone anda menabrak pohon, rumah, ataupun tiang listrik. Tentunya ini sangat membahayakan anda dan orang lain.

Selain itu, perhatikan juga cuaca, kecepatan angin, serta debu karena ini dapat mempengaruhi penerbangan drone. Debu bisa membuat drone menjadi kotor dan merusak bagian dalamnya.

4. Hidupkan Drone

Setelah semua sudah siap, saatnya anda menyalakan drone. Perlu anda ingat ketika menghidupkan drone ini, yaitu hidupkan terlebih dahulu remote controlnya. Ada beberapa model tertentu yang menghubungkan antara smartphone sebagai tampilan layar kamera drone.

Setelah menghidupkan remote controlnya, maka anda bisa langsung menghidupkan kamera untuk dronenya. Dan ketika ingin mematikan, lakukan sebaliknya yah. Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula inilah yang sering dilupakan oleh para pemula.

5. Aktifkan Fitur Return to Home

Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula return on home

Setelah melakukan tips ke 4, maka hal penting lainnya adalah anda akan diminta untuk melakukan kalibrasi. Anda akan diarahkan untuk mengetahui arah mata angin dan mengunci lokasi GPS untuk penerbangan awal.

Ini berfungsi untuk drone lebih stabil ketika diterbangkan. Selain itu, ketika drone baterainya mau habis, atau terjadi hilang sinyal dengan perangkat maka drone dengan sendirinya akan pulang ke lokasi GPS yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Manfaat Drone untuk Pemula

Nah itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula yang bisa anda coba dirumah yah. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan lebih mahir dalam menerbangkan drone. Bagi anda yang masih belum bisa menerbangkannya, anda bisa mengikuti pelatihan drone yang banyak dibuka di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *