Platihan Drone

5 Kesalahan Menerbangkan Drone yang Sering dilakukan Para Pemula

Kesalahan Menerbangkan Drone trik

Kesalahan adalah guru terbaik untuk membantu kita semakin menjadi lebih baik lagi di kemudian hari. Hal ini tentunya bisa berlaku untuk banyak hal, oleh karena itu kita perlu berhati-hati ketika melakukan sesuatu, terutama ketika menerbangkan drone. Ternyata Ada beberapa kesalahan menerbangkan drone yang sering dilakukan oleh para pemula.

Kesalahan Menerbangkan Drone

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya drone merupakan benda yang mahal harganya. Sehingga kesalahan dalam mengoperasikannya bisa menyebabkan anda menyesal dikemudian hari. Oleh karena itu, ketika mengoperasikan drone anda sudah belajar kesalahan dari orang lain sebagai tanda peringatan.

Alangkah baiknya jika anda pelajari dulu apa saja kesalahan menerbangkan drone yang harus dihindari sebelum menerbangkannya. Kami sudah merangkum beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pemula ketika menerbangkan drone, anda bisa simak dibawah ini yah.

Baca Juga: Tips Menerbangkan Drone bagi Pemula

1. Belajar Menerbangkan Menggunakan Drone Mahal

Sebenarnya tidak ada salahnya jika anda membeli drone dengan harga yang mahal jika memang anda memiliki dana yang cukup. Tapi jika anda masih level beginer, atau baru pertama kali menerbangkan drone menggunakan drone dengan harga mahal bukanlah keputusan yang bijak. Karena nantinya anda akan menyesal ketika drone jatuh atau mengalami kecelakaan ketika latihan.

Alangkah baiknya anda menggunakan drone berukuran kecil yang bisa didapatkan dengan harga 500 ribuan. Intinya nanti ketika anda berlatih menggunakan drone ini, anda tidak perlu khawatir ketika jatuh. Karena sudah dipastikan ketika berlatih, drone akan beberapa kali terjatuh, atau nabrak sebelum anda mahir menerbangkannya.

Jika anda memiliki dana yang lebih, maka alangkah baiknya jika anda membeli drone yang tidak memiliki mode terbang otomatis. Ini agar anda tidak menjadi manja ketika menerbangkan drone mahal. Dengan anda mempelajari terbang manual, maka nantinya bisa mengatasi kegagalan sistem otomatis pada drone mahal.

2. Pastikan Perangkat Drone Terpasang Kuat dan Komplit

Kesalahan Menerbangkan Drone perangkat

Walaupun ini masalah sepele, tapinya kita harus tetap cek dan ricek sebelum menerbangkan drone yah. Tidak sedikit kasus karena sekrup kurang kencang membuatnya copot ketika penerbangan dan tentunya ini mengakibatkan hal yang sangat fatal. Tidak hanya membuat drone jatuh, hal ini juga bisa membahayakan orang lain.

Tidak hanya itu, anda juga harus mengganti baling-baling drone setiap 50 kali penerbangan. Baling-baling drone jangan sampai digunakan melebihi 100 kali. Walaupun anda belum menggunakan baling-baling drone 50 kali, tapi jika usianya sudah lebih setahun, maka anda juga bisa menggantinya.

3. Memilih Lokasi dan Waktu Terbang yang Salah

Salah satu kesalahan mendasar bagi para pemula adalah memilih waktu dan lokasi terbang yang salah. Tentunya ini adalah hal yang wajar, terlebih lagi jika baru pertama kali memilikinya. Oleh karena itu, alangkah baiknya anda belajar drone dengan memilih lokasi yang bebasa dari segala hambatan.

Lokasi yang cocok anda gunakan untuk belajar adalah lapangan ataupun halaman belajang rumah yang masih sedikit kabel listrik.

Menerbangkan drone di tempat yang padat akan objek, membuatnya lebih mudah untuk menabrak berbagai halangan. Contohnya seperti menabrak tiang, kabel, pohon, dan lainnya. Selain itu, anda juga harus menentukan cuaca yang baik ketika ingin menerbangkan drone. Drone merupakan benda kecil yang ringan (Drone Murah), menerbangkannya di cuaca yang buruk atau berangin kencang membuat anda kesulitan dalam mengendalikan drone.

Terlebih lagi jika anda menerbangkannya ketika angin kecang. Ini akan membuat drone anda akan mudah terbawa oleh angin dan tentunya susah untuk dikendalikan.

4. Menggunakan Trik Terlalu Cepat

Kesalahan Menerbangkan Drone trik

Tentunya kita sebagai pemula ingin cepat-cepat menggunakan trik agar terlihat lebih keren ketika menerbangkannya. Bagi anda yang baru menerbangkannya, anda perlu perbanyak jumlah latihan untuk bisa mencapai keahlian tersebut. Jika anda sudah lancar mengendalikan drone secara baik dan profesional, maka anda bisa mulai mempelajari trik-trik untuk mengendalikan drone.

Tapi jika anda belum mahir menerbangkannya, alangkah anda pikirkan baik-baik sebelum menggunakan trik-trik rersebut. Jangan sampai, ketika anda menggunakan trik membuat drone anda kecelakaan. Pelajari dulu teknik dasarnya untuk menerbangkan drone, bermanuver, mengendalikan drone dengan baik.

5. Mencoba Fitur Tambahan

Kesalahan Menerbangkan drone yang terakhir adalah mencoba fitur tambahan dari drone. Sebenarnya tidak ada yang salah ketika kita menggunakan fitur tambahan dari drone, tentunya ini merupakan salah satu hal menarik dan menantan untuk dikerjakan. Apalagi fitur yang ditawarkan sangat menarik.

Salah satu fiturnya adalah mengendalikan drone menggunakan smartphone. Banyak sekali orang yang membeli drone karena fitur unik ini. Padahal menggunakan smartphone ini membuat lag pada gerakan drone dan ini menjadi sumber masalah dalam menerbangkannya. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan Altitude Hold yang bisa anda lakukan secara manual.

Baca Juga: Manfaat Drone untuk Pertanian

Itulah beberapa kesalahan menerbangkan drone yang banyak dilakukan oleh para pemula. Untuk itu, alangkah baiknya anda pelajari terlebih dahulu fitur-fitur dari drone, dan perbanyak berlatih. Bagi anda yang ingin cepat belajar menerbangkan drone, saat ini kami sudah membuka pelatihan drone bagi anda yang ingin mengikutinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *