Platihan Drone

3 Tips Merawat Drone yang Wajib Anda Lakukan Agar Tetap Awet

Tips Merawat Drone

Tips Merawat Drone – Di zaman dengan teknologi yang ada pada saat ini , berbagai macam teknologi baru tidak pernah berhienti berkembang demi mempermudah aktivitas manusia sehari-hari. Perusahaan-perusahaan baik kecil hingga besar terus bersaing demi mendapatkan posisi pertama dipasaran agar menarik perhatian para konsumennya.

Tips Merawat Drone

Tips Merawat Drone

Salah satu teknologi canggih yang ada pada saat ini dan sudah mulai menguasai pasaran adalah dropne. Teknologi yang terkenal dari drone ini adalah mampu mengambil gambar dan vidio dari ketinggian.

Pesawat tanpa awak ini tidak hanya dikembangkan untuk fotografi dan vidiografi saja, saat ini sudah dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. Adapun manfaat drone dibidang lainnya adalah untuk militer, jurnalistik, pertanian, dan pemetaan. Saat ini kami juga membuka kelas untuk pelatihan drone mapping yang bisa anda ikuti.

Tidak hanya itu, saat ini drone juga sudah bisa digunakan untuk mendistribusikan makanan dan barang. Salah satu perusahaan yang sudah menggunakan untuk mengirimkan barang dengan drone ini adalah Amazone.

Semua orang yang ahli berasal dari pemula. Bagi anda yang masih dalam tahap belajar menerbangkan drone, tentunya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Terutama dalam merawat drone, ini agar drone yang anda miliki bisa berumur panjang. Cara Merawat Drone dan penggunaan yang benar akan membuatnya terhindar dari kerusakan dan bisa anda mainkan dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga: 3 Perusahaan Pembuat Drone

Untuk membuat drone yang anda miliki berumur panjang sebenarnya tidaklah sulit, yang terpenting anda tahu cara merawatnya. Oleh karena itu, anda perlu tahu Tips Merawat Drone agar tetap awet dalam jangka panjang. Selain merawatnya, anda perlu membersihkannya dari debu dibagian-bagian tertentu.

3 Tips Merawat Drone yang Wajib Anda Lakukan

Bagian-bagian dari drone ini perlu anda cek secara rutin untuk memastikan kondisinya dalam keadan baik-baik saja. Oleh karena itu, disini kami sedikit merangkum beberapa cara merawat drone dengan benar yang bisa anda praktekan dirumah.

1. Batterai

Tips Merawat Drone baterai

Batterai merupakan hal utama yang perlu anda perhatikan dalam merawat drone. Jika anda sudah memakainya dalam waktu yang lama, misalkan dua minggu, maka sebaiknya anda menggunakan baterai 50 persen saja. Jika anda sudah menggunakan droen, alangkah baiknya anda menyisakan paling tidak 30 persen.

Dengan kata lain, ketika anda ingin menerbangkan drone dengan batterai yang full anda hanya bisa menggunakannya sebanyak 70 persen saja. Apabila anda sudah menggunakannya lebih dari 70 persen, segera turunkan drone anda. Ketika mengisi batterai, anda harus mengisinya hingga penuh.

Ketika batterai drone anda cepat habis atau waktu pakainya tidak sesuai dengan spesifikasi, kemungkinan batterai drone drop. Untuk mengatasi ini, anda jangan menggunakannya lagi dan gunakanlah batterai drone yang baru.

2. Bersihkan Motor Penggerak Drone

Tips Merawat Drone motor penggera

Hal kedua adalah dengan memeriksa motor penggerak drone. Motor penggerak ini sering kotor karena adanya debu yang menempel. Sebagaiknya anda membersihkan motor penggerak drone ini secara berkala, karena debunya bisa menyebabkan gangguan pada pergerakan baling-baling. Pada dasarnya drone yang lebih sering bekerja di udara akan mudah kotor. Dan kotornya motor ini akan mempengaruhi gerak terbang pada drone anda.

Bisa jadi drone yang motornya kotor, akan lebih lembat ketika terbang dan lebih parahnya lagi drone tidak bisa terbang kembali. Bersihkanlah motor secara berkala agar kinerja baling-baling bisa lebih maksimal.

3 Bersihkan Baling-Baling Drone

Tips Merawat Drone baling baling

Tips Merawat Drone yang ketiga adalah dengan memberishkan baling-baling pada drone. Baling-baling atau propeller ini sebenarnya lebih rentan rusak dibanding motor penggerak drone. Hal ini dikarenakan letak dari baling-baling berada di luar badan drone, sehingga benda-benda lain bisa menyentuhnya secara langsung.

Terkadang anda tidak menyadari bahwa baling-baling drone baru saja menyenggol ranting pohon, dan kemudian berakhir dengan tergoresnya baling-baling drone anda. Jika anda membiarkan hal ini terus terjadi, maka bukanlah hal yang mustahil membuatnya drone anda menjadi rusak, seperti jatuh ditempat yang tidak anda inginkan.

Sebenarnya untuk menghindari kerusakan pada propeller ini, anda bisa memasang semacam pelindung ykhusus yang dibuat untuk melindungi balin-baling drone. Selain itu pelindung ini akan melindungi anda dan teman anda saat menggunakannya nanti.

Tentunya sebelum menggunakan drone ini pastikan anda periksa terlebih dahulu drone yang anda miliki. Ini merupakan tips merawat drone yang paling baik dan bisa anda lakukan. Setiap ingin menggunakannya periksalah terlebih dahulu begitupun ketika sudah menggunakannya.

Baca Juga: 5 Tips Aman Bermain Micro Drone Dalam Ruangan

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Merawat Drone yang bisa anda lakukan dirumah agar bisa digunakan dalam jangka panjang. Semoga apa yang kami berikan ini bisa membantu anda semua yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *