Platihan Drone

Cara Mengatasi Drone Kena Air

Menerbangkan drone merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan, terlebih lagi jika dilakukan pada saat hari libur. Bagi para pilot drone pemula, menerbangkan drone sama saja berlatih untuk menguasai kendali pada drone. Tapi baik itu pemula ataupun pliot drone profesional tentunya tidak akan pernah lepas dari yang namanya insiden crash. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi mengenai cara mengatasi drone kena air secara praktis dan mudah.

Cara Mengatasi Drone Kena Air

Cara Mengatasi Drone Kena Air

Insiden crash ini bisa saja terjadi karena kesengajaan ataupun tidak disengaja, yang mana menyebabkan drone hilang kendali dan rusak akibat terjatuh. Terdapat banyak kasus yang mana orang menerbangkan drone di atas danau, sungai, air terjun, dan pantai demi mendapatkan suatu gambar atau vidio terbaik.

Ketika menerbangkan drone diatas perairan, mungkin tanpa disengaja entah karena faktor angin atau lainnya, drone jatuh tepat diatas air tersebut. Dalam beberapa kasus juga drone ketika lepas landas mampu dengan sempurna, dan ketika berada pada ketinggian tertentu drone ternyata lost signal. Inilah yang menyebabkan drone jatuh ke perairan.

Baca Juga: 5 Aksesoris pada Drone

Tidak ada penyebab yang pasti mengenai kenapa drone bisa jatuh ketika terbang diatas perairan, tapi ini biasa terjadi karena beberapa faktor. Faktor yang paling sering terjadi karena baterai cepat habis, lost signal, kerusakan pada FC, atau Konektor yang tidak erat. Lalu bagaimana Cara Mengatasi Drone Kena Air? Simak Dibawah Ini yah.

1. Langsung Mencari dan Menyelamatkan Drone

Cara Mengatasi Drone Kena Air mencari drone

Air biasanya akan menyebabkan beberapa hal aneh pada drone, seperti drone tidak sebail, atau gimbal bermasalah. Tapi perlu anda ketahui jika drone masuk kedalam air garam, ini merupakan hal yang sangat buruk. Hal ini dikarenakan air garam yang bersifat korosif dan mampu membuat semua kompenen drone menjadi karat.

Biasanya drone terjatuh kedalam air selama beberapa menit, di saat seperti itu langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan langsung mengambil drone tersebut. Tapi pastikan terlebih dahulu dimana drone anda jatuh. Setelah mengetahui tempat drone jatuh, anda bisa langsung mengambil drone tersebut dan membawanya pulang kerumah.

2. Matikan daya dan Buka Kompenen

Cara Mengatasi Drone Kena Air melepas kompenen

Setelah anda menemukan drone dan mengangkatnya, anda bisa langsung mematikan daya drone jika masih hidup dan melepaskan baterainya. Jika anda membawa beberapa peralatan, anda bisa langsung membongkar kompenen drone. Karena biasanya drone yang tenggelam atau kena air maka kemungkinan besar ESC (Electronic Speed Controller) langsung terkena efeknya.

ESC ini terhubung dengan semua motor drone dan bahkan ke sumber daya. Oleh karena itu anda bisa langusng mematikannya. Tapi untuk drone racer atau drone rakitan sendiri biasanya tidak dilengkapi dengan saklar, maka anda bisa langsung melepas kabel baterainya.

3. Lepas Baterai Lipo

Cara Mengatasi Drone Kena Air melepas baterai

Setelah anda mematikan daya pada drone, maka langkah selanjutnya adalah membuka baterai lipo dengan cepat. Baterai lipo yang terkena air tawar biasanya tidak akan bereaksi, bahkan drone masih bisa stabil dan berkedip walaupun dalam keadaan mati. Tapi baterai lipo yang terkena air garam, atau masuk kedalam baterainya maka ini bisa menyebabkan drone anda berasap.

Dan jika anda tidak menanganinya dengan cepat, maka drone anda bisa-bisa terbakar. Oleh karena itu, alangkah baiknya anda langsung melepas baterai lipo pada drone jika terkena air garam.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Baterai Drone agar Tetap Awet

4. Siapkan Drone Anti Air

Cara Mengatasi Drone Kena Air lakban anti air

Cara Mengatasi Drone Kena Air yang terakhir ini adalah dengan mencegahnya sejak awal. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa membuat drone yang anda miliki menjadi tahan air, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan waterproof. Anda bisa melapisi setiap kompenen seperti part pcb dengan solasi cair yang banyak dijual di toko-toko.

Anda bisa mengoleskan selotip cair ini pada ESC, Flight Controller, serta bagian yang mudah rusak jika terkena air. Tapi jangan sampai anda mengoleskannya pada motor, gimbal, servo dan beberapa bagian lainnya, karena ini dapat menghabat kinerja dari drone tersebut.

Tentunya untuk mencegah itu semua, anda harus berhati-hati dalam menerbangkan drone. Sebenarnya tidak ada salahnya menerbangkan drone diatas perairan, tapinya juga anda harus melihat beberapa faktor seperti angin dan jarak terbangnya.

Mungkin itu yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi Drone Kena Air. Usahakan untuk membagikannya kepada kerabat ataupun sahabat anda yang memiliki drone yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *