Platihan Drone

Ingin Traveling? Ikuti 5 Tips Traveling dengan Drone Berikut Ini

Tips Traveling dengan Drone

Drone saat ini sudah menjadi pilihan utama untuk mengabadikan moment ketika berkunjung ke suatu tempat atau suatu negara. Biasanya mereka yang ingin mengabadikan moment terbaik pergi ke suatu negara ataupun tempat yang benar-benar bagus dan eksotis. Tentunya ini membuat anda bertanya-tanya, apakah anda bisa berpergian dengan membawa drone. Oleh karena itu kami sedikit merangkum beberapa tips traveling dengan drone yang bisa anda ikut.

Tips Traveling dengan Drone

Tips Traveling dengan Drone

Sebenarnya berpergian dengan membawa alat yang satu ini sangatlah mudah. Disini kami akan mencoba memberikan hak drone dalam undang-undang negara. Selain itu kami juga akan berikan cara untuk melindungi drone anda agar tidak disita karena tidak tahu hukum yang berlaku dinegara tersebut.

Setelah membaca ini, anda harus mempraktekannya karena tips yang kami berikan ini akan sangat membantu anda dalam mempersiapkan diri untuk traveling dengan drone yang anda miliki. Tidak perlu berlama-lama lagi, silahkan simak dibawah ini.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Drone untuk Pemula

1. Waspadai Regulasi Negara

Tips Traveling dengan Drone regulasi negara

Jika anda berniat untuk traveling ke luar negeri, pastikan anda mengetahui regulasi negara yang akan anda kunjungi. Tidak setiap negara memiliki peraturan menerbangkan drone yang sama. Dalam beberapa kasus dibeberapa negara seperti kuba dan barbados langsung melarang menggunakan drone.

Jika anda masih ngotot untuk tetap membawa drone ke negara yang sudah pasti dilarang, maka siap-siap drone yang anda miliki akan disita ketika memasuki perbatasan. Lebih buruknya lagi, drone yang anda miliki tidak akan dikembalikan dan bisa menjadi butiran abu.

Setiap negara memiliki peraturan drone sendiri-sendiri yang berkembang secara independen dan berubah secara konstan. Tentunya ini sangat membingungkan apabila terjadi perubahan atau pembaharuan. Tapi tenang saja, anda masih bisa mencarinya di google mengenai peraturan drone pada suatu negara.

2. Bawa Drone sebagai Barang Lanjutan

Tips Traveling dengan Drone drone barang lanjutan

Perlu anda perhatikan sebelum naik pesawat, salah satunya selalu bawa drone dan aksesorisnya sebagai barang lanjutan. Alasan utama kenapa drone milik anda tidak ditaruh dibagasi adalah karena bagasi biasanya menggunakan x-Ray untuk pemerikasaan barang berbahaya. Terlebih lagi baterai lipo tidak bisa melalui x-ray.

Suhu yang ekstrem dan jika bersentuhan langsung dengan baterai bisa menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu sebelum anda berpergian dengan drone milik anda, pastikan untuk mengetahui apa saja kebijakan penerbangan mengenai penyimpanan pesawat tanpa awak. Anda bisa memberitahunya kepada petugas bandara mengenai pembawaan drone anda, dan biasanya mereka akan memberikan sebuah saran.

3. Rencanakan Perjalan Anda

Tips Traveling dengan Drone google map

Tips Traveling dengan Drone adalah merencanakan perjalanan anda. Misalkan anda ingin berpergian ke negara yunani, tentunya anda ingin tahu jaringan internet apa yang mereka tawarkan, tempat wisata, dan tempat yang tidak bisa anda lewatkan.

Alangkah baiknya jika anda meneliti negara yang anda kunjungi. Cari tahu informasi sebanyak mungkin dan kumpulkan menjadi satu. Setelah mengetahui tempat mana saja yang akan anda kunjungi, selanjutnya anda bisa membuka google map untuk membuat jalur perjalanan anda sendiri yang sesuai dengan keinginan anda.

Tapi ingat, anda harus fokus untuk menikmati budaya, keindahan, dan keunikan dari negara yang anda kunjungi. Jika anda memutuskan untuk keluar sepanjang hari, pastikan anda sudah menyiapkan baterai cadangan drone untuk berjaga-jaga. Anda bisa menyiapkan setiadaknya 4 hingga 6 baterai. Tapi ini tergantung seberapa sering anda menggunakannya untuk terbang.

4. Siapkan Kartu SD Memori yang Cukup Besar

Tips Traveling dengan Drone memori

Apakah anda tidak akan kesal ketika anda mengambil banyak gambar dan vidio dan tiba-tiba memori anda sudah penuh? Tentunya anda akan sangat kesal, belum lagi anda harus menghapus beberapa gambar atau vidio untuk memberikan ruang pemotretan yang baru. Ini jangan sampai terjadi yah, simpan semua gambar dan vidio yang sudah anda ambil ketika liburan sehingga anda bisa melihatnya.

Oleh karena itu, anda bisa menggunakan kartu SD memori 128GB, tentunya ini bisa memuat banyak gambar dan vidio yang sudah anda ambil. Atau jika anda menginginkan dan untuk berjaga-jaga, anda bisa membeli kartu memori dengan space 256GB.

5. Jangan Terbang Dekat Kerumunan

Tips Traveling dengan Drone keramaian

Tentunya akan sangat menarik jika menerbangkan drone di suatu tempat yang istimewa dan berbeda. Dan biasanya anda akan berinteraksi dengan kerumunan wisatawan yang berkunjung. Untuk mentaati aturan umum, jangan pernah menerbangkan drone dekat dengan kerumunan, yang mana nantinya akan menciptakan situasi yang tidak aman bagi mereka yang berkunjung.

Baca Juga: Cara Mengatasi Drone Kena Air

Walaupun anda menggunakan drone yang tidak terlalu besar, tapi baling-baling yang berputar bisa saja menyelakakan orang lain. Oleh karena itu jauhkan drone dari keramaian dan tetap menjaga jarak aman ketika menerbangkan drone. Ini merupakan Tips Traveling dengan Drone paling penting dan harus ditaati oleh para pilot drone.

Itu dia sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Traveling dengan Drone. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Pada intinya tetap selalu menaati peraturan yang berlaku ketika berkunjung ke suatu tempat wisata, baik itu ke luar negeri maupun kedalam negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *