Platihan Drone

5 Cara Merawat Baterai Drone Agar Tetap Awet

Cara Merawat Baterai Drone – Baterai merupakan salah satu kompenen terpenting agar bisa menghidupkan dan menerbangkan drone dengan lancar. Coba kita bayangkan jika drone yang kita miliki mengalami kegagalan sistem pada baterai atau daya pada baterai habis. Maka ini bisa kita pastikan drone akan jatuh dan mengalami kerusakan yang berat, terlebih lagi jika drone sedang terbang sangat tinggi.

Cara Merawat Baterai Drone

Cara MerCara Merawat Baterai Drone kembungawat Baterai Drone kembung

Oleh karena itu, kita harus memperhatikan dan merawat kondisi baterai dengan baik dan benar, agar baterai pada drone bisa awet dan tahan lama.

Merawat baterai Lipo adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para pecinta drone mauapun mainan RC lainnya. Baterai pada drone memiliki peranan yang sangat penting agar sumber tenaga dari drone bisa terbang seperti baisanya. Tapi tidak semua orang tahu Cara Merawat Baterai Drone dengan baik, bahkan ada beberapa orang yang mengabaikan hal ini.

Ini dikarekan mereka tidak sabaran atau memang tidak tahu caranya untuk merawat baterai. Biasanya baterai yang tidak dirawat dengan baik akan mengalami kerusakan seperti mati mendadak, tidak mau hidup, baterai lipo kembung, dan bahkan hal terparahnya adalah meledak. Tentunya ini akan sangat membahayakan orang lain maupun kita sebagai seorang penghobi drone.

Baca Juga: 4 Charge Baterai Lipo Terbaik

5 Tips Merawat Baterai Drone Agar Tetap Awet

Ada banyak sekali cara yang sudah dilakukan oleh banyak para ahli membagikannya agar baterai lipo yang kita miliki tetap aman digunakan. Asalkan kita merawatnya dengan baik, dan disini kami sudah merangkum beberapa cara untuk merawat beterai lipo dengan benar. Simak dibawah ini yah.

1. Jangan Membeli Baterai Lipo Second

Anda perlu berhati-hati ketika membeli baterai lipo, pastikan anda membelinya di penjual terpecaya yang menjual baterai lipo baru. Anda wajib menghindari membeli baterai lipo second dengan teman anda ataupun saudara anda. Hal ini dikarenakan kita tidak tahu kondisi dari baterai lipo tersebut, apakah masih bagus ataukah sudah tidak layak pakai.

Jangan sekali-kali membeli baterai lipo dengan harga yang murah, lebih baik anda membeli baterai lipo dalam keadaan barus. Ini untuk menjaga agar drone dan tidak menimbulkan mati mendadak ketika sedang menerbangkan drone.

2. Gunakan Charger Digital

Untuk menjaga keawetan dari baterai lipo drone, maka alangkah baiknya jika anda menggunakan charger digital. Yah walaupun harga dari charger ini bisa terbilang cukup mahal, tapi alangkah lebih baik jika anda membeli charger digital.

Hal ini dikarenakan charger yang tidak digital belum tentu memiliki tegangan listrik yang seimbang. Untuk mengisi baterai lipo harus menggunakan daya yang stabil agar keawetannya terjaga.

3. Gunakan Lipo Guard Ketika Ngecharge

Cara Merawat Baterai Drone pelindung

Cara Merawat Baterai Drone yang ketiga ini dengan menggunakan Lipo Guard ketika charge. Anda bisa menginvestasikan uang anda untuk membeli lipo guard ini. Lipo guard adalah tempat penyimpanan baterai lipo yang paling aman karena tempatnya sudah tahan api. Jangan pernah sepekan hal ini, dikarenakan baterai lipo bukan baterai pada umumnya. Dimana baterai ini memiliki tekanan daya yang cukup besar.

4. Jangan Charge Baterai dalam Kondisi Panas Atau Hangat

Kebiasaan kita ketika charge baterai lipo yang baru saja digunakan sering sekali dilakukan. Padahal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan baterai lipo menjadi kembung dan tentunya berpotensi untuk meledak. Untuk mencegah hal ini semua, anda bisa menunggu 20 menit baterai setelah digunakan kemudian anda bisa melakukan charge lagi.

Baca Juga: 4 Kelebihan Drone DJI Mavic Pro

5. Ganti Baterai Lipo Jika Sudah Kembung atau Pemakaian Lebih dari 200 Kali

Cara MerCara Merawat Baterai Drone kembungawat Baterai Drone kembung

Yang terakhir untuk merawat baterai lipo ini mengganti dengan baterai lipo yang baru ketika baterai lama sudah kembung atau sudah digunakan lebih dari 200 kali. Baterai Lipo merupakan barang yang memiliki masa waktu pemakaian atau replaceable.

Usahakan selalu ganti baterai lipo setelah digunakan sebanyak 200 atau 300 pemakaian. Anda bisa membeli baterai lipo baru agar drone yang anda miliki tetap aman ketika terbang.

Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Merawat Baterai Drone, semoga cara ini bisa membantu anda dalam merawat baterai drone agar tahan lama. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *