Platihan Drone

Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI

Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI terbaru

Baterai adalah salah satu kompenen yang sangat penting pada drone, agar bisa terbang dengan lancar. Coba anda bayangkan ketika anda sedang menerbangkan drone kemudian ada kegagalan sistem pada baterai atau baterai habis. Maka kita bisa pastikan drone akan jatuh dan tentunya mengalami kerusakan yang parah gara-gara tidak memperhatikan cara merawat Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI dengan benar.

Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI

Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI

Baterai yang digunakan oleh drone DJI tentunya berbeda dengan drone jenis lainnya. Hal ini dikarenakan baterai yang digunakan DJI adalah Intelligent Flight yang merupakan baterai dengan kemampuan cerdas. Ini adalah baterai khusus yang diguanakan oleh beberapa drone DJI seperti DJI Phantom, DJI Mavic, dan DJI Spark.

Yang mana untuk menangani baterai jenis ini harus extra diperhatikan agar nantinya bisa lebih awet dan tahan lama. Penting sekali kita yang memiliki drone yang sudah dilengkapi baterai Intelligent Flight untuk merawatnya, karena selain harganya yang mahal baterai ini juga merupakan nyawa yang akan membuat drone bisa terbang dengan aman.

Baca Juga: Alasan Anda Wajib Membeli Parrot Bebop 2

Tanpa berlama-lama lagi, anda bisa langsung menyimaka beberapa Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI dibawah ini.

1. Isi Penuh Sebelum Diterbangkan

Ada banyak orang yang terkadang tidak sabaran ketika menunggu baterai drone terisi penuh. Terutama ketika baru saja memiliki drone, pastinya kita akan selalu ingin menerbangkannya. Hal inilah yang akan membahayakan isi dari baterai drone itu sendiri. Karena ketika kita mencharge baterai DJI, akan dibutuhkan setiap cell voltase penuh untuk bisa memaksimalkan drone.

Bayangkan ketika anda baru charge baterai dan masih 75% anda cabut, maka ini akan beresiko jumlah voltase setiap cell baterai menjadi tidak seimbang. Tentunya ini akan membuat error pada baterai yang sejatinya harus di isi penuh dalam melakukan charge agar voltase batereai dapat seimbang.

2. Jangan Melakukan Charge Baterai Ketika Masih Panas

Salah satu kesalahan kita ketika selesai memainkan drone adalah dengan langsung mencharge baterai drone yang masih panas. Perlu kita ketahui semua bahwa jangan pernah sekali-kali mengisi daya baterai yang baru saja anda gunakan. Hal ini dikarenakan suhu pada baterai yang baru digunakan cukup panas.

Dan ketika anda tetap memaksakan mengisi daya baterai dalam kondisi masih panas, maka bersiaplah mendapati baterai drone DJI anda menjadi kembung dan tentunya bisa berpotensi meledak.

3. Jangan Charge di Tempat yang Panas

Selain tidak diperbolehkan melakukan charge baterai yang masih dalam kondisi panas, kita juga tidak diperbplehkan untuk charge ditempat yang suhu ruangnya tinggi. Suhu ruang yang tinggi ini akan membuat kerusakan baterai dengan cepat dan tentunya cell baterai juga menjadi rusak. Setelah mengetahui, jangan sekali-kali mengulanginya lagi yah.

4. Jangan Melepas Baterai Ketika Drone Masih Hidup

Ada beberapa orang yang sering lupa bahkan suka langsung melepas baterai Drone ketika dalam kondisi hidup. Tentu inilah yang akan membuat baterai drone cepat rusak dan bagian terparahnya drone akan mengalami konsleting ketika drone hidup kembali.

Hindari hal ini agar nantinya baterai drone DJI anda menjadi lebih awet. Selalu matikan drone terlebih dahulu sebelum melepas Baterai drone. Ini merupakan salah satu Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI yang sering dilupakan oleh banyak orang.

5. Jangan Terbangkan Drone Dekat dengan Api

Selain menghindari api ketika drone terbang, anda juga diwajibkan untuk menerbangkan drone ketika siang hari. Jangan pernah mencoba menerbangakan drone ketika cuaca sangat panas dan matahari sangat terik. Karena suhu yang panas pada drone akan membuat baterai cepat drone.

Menghindari api atau kawah panas ketika menerbangkan drone juga sangat diperlukan. Karena ketika anda memaksakan drone terbang dikawasan dekat dengan api atau kawah panas, maka baterai drone bisa meledak.

Baca Juga: Drone Terbaik untuk Hari Valentine

6. Ganti Ketika Sudah di Gunakan 200 Kali

Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI terbaru

Apabila anda rasa sudah menggunakan baterai drone DJI lebih dari 200 kali, alangkah baiknya anda menggantinya dengan baterai drone yang baru. Hal ini agar drone anda tetap aman ketika diterbangkan. Karena pabrikan DJI sendiri yang menyarankan untuk mengganti unit baterai ketika sudah digunakan lebih dari 200 kali pemakaian.

Selain itu anda juga bisa mengganti baterai drone yang sudah menggelembung. Intelligent Flight DJI ketika sudah menggelemubung itu berarti sudah terjadi kerusakan pada cell baterai. Jadi mau tidak mau, suka tidak suka anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Jangan pernah paksakan terbang dengan kondisi baterai yang kembung, karena bisa menyebabkan drone crash.

Mungkin itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Merawat Intelligent Flight Baterai DJI yang bisa anda lakukan dirumah. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi anda, terutama yang memiliki drone dari pabrikan DJI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *