Platihan Drone

Rekomendasi Drone untuk Pemetaan

Rekomendasi Drone untuk Pemetaan

Drone saat ini adalah alat yang paling populer dan banyak digemari oleh semua kalangan. Untuk membuat peta yang berkualitas, tentunya kita membutuhkan drone yang berkualitas baik dan efisien dari segi biaya, maupun kecepatan jelajah. Untuk itu, simak beberapa rekomendasi drone untuk pemetaan yang bisa anda gunakan.

Rekomendasi Drone untuk Pemetaan

Rekomendasi Drone untuk Pemetaan

Proses dalam mengumpulkan informasi permukaan bumi untuk bisa disajikan kedalam peta sering terkendala dalam mendapatkan bahan informasi yang akan digunakan. Sebenarnya ada cara lain untuk bisa melakukan pemataan, yaitu dengan menggunakan Google Earth. Akan tetapi penggunaan cara ini masih sangat sedikit membuka lahan dan bahkan memiliki kualitas yang sangat rendah.

Kita bisa saja mendapatkan citra jarak jauh dengan menggunakan Google Earth, akan tetapi penggunaan ini tentunya akan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk pemetaan ini menggunakan drone ataupun Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Tentunya ini membutuhkan biaya yang lebih kecil dan akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dengan menggunakan drone, pekerjaan survey baik itu foto dan vidio udara untuk pemetaan dapat dilakukan lebih cepat, mudah, dan murah. Drone yang mampu terbang rendah akan mendapatkan hasil resolusi peta yang tinggi. Tentunya ini sesuai dengan penggunaan kualitas kamera yang digunakan untuk drone.

Pada umumnya industri yang menggunakan drone untuk pemetaan ini adalah industri perkebunan kelapa sawit, hutan tanaman industri. Tidak hanya itu, ada juga dinas pekerjaan umum, hingga kontraktor untuk perkembangan proyeknya.

5 Rekomendasi Jenis Drone untuk Pemetaan Terbaik

Tentunya drone ini sangat cocok digunakan oleh siapa saja, baik itu masih pemula. Tapi, jika kita berbicara mengenai pemetaan, tentunya kita harus menggunakan drone yang memiliki spesifikasi khusus. Oleh karena itu, anda bisa cek dahulu rekomendasi drone untuk pemetaan dari kami ini.

1. Drone DJI Inspire V2

Drone DJI Inspire V2

Jenis drone untuk pemetaan murah yang pertama adalah jenis drone dari pabrikan DJI. Drone DJI tipe Inspire V2 adalah produk terbaru yang memiliki kemampuan lebih baik dari Inspire V1. Salah satu kelebihannya adalah mampu terbang selama 27 menit per baterainya. Jika dibandingkan dengan V1 yang hanya mampu terbang selama 18 menit, drone ini bisa kita dapatkan dengan harga $2700 atau sekitar Rp 39.000.000.

Dengan harga segitu, drone jenis ini mampu memetakan wilayah yang cukup luas dengan beberapa kali terbang saja. Dalam sektor vidionya sudah menggunakan Zemuse X55 dan cinema DNG & Apple ProRes Activation Key. Yang mana ini akan memberikan akses penuh kepada pemiliki Inspire 2 ke sistem pemrosesan gambar CineCore.

Vidio yang dihasilkan bisa menangkap 5.2k 30fps Cinema DNG dan Apple ProRes vidio dan 4k 60fps menggunakan H.264. Selain itu, 4k 30fps menggunakan H.265 (keduanya sudah ada pada 100mbps). Kemampuan lainnya yang tak kalah adalah kemampuannya dalam obstacle avoidance 360 derajat.

2. Aibotix X6 V2

drone Aibotix X6 V2

Drone yang satu ini dibuat dari bahan carbon fiber reindorced plastic, yang mana drone ini diklaim sangat kuat dan ringan. Tidak hanya itu, drone jenis ini mampu bertahan dari kerusakan akibat benturan.

Dilengkapi dengan 6 baling-baling yang membuat drone ini bisa naik dengan kecepatan mencapai 19 MPH. Selain itu, drone yang bisa dibandrol dengan harga $30.000 atau sekitar 400 juta ini bisa tahan pada suhu minus 20 derajat hingga 40 derajat celsius. Maka jangan heran jika drone yang satu ini dibandrole dengan harga yang mahal.

Biasanya jenis drone ini digunakan untuk kepentingan pengkajian rawan bencana, survei pemetaan, kartografi, militer, dan informasi sistem geografi.

3. AirMapper V2 & FDS Nimbus

drone AirMapper V2

Rekomendasi drone untuk pemetaan yang ketiga adalah airmapper V290 yang mana ini merupakan pesawat multi platform. Dilengkapi dengan konfigurasi wing dan multicopter yang membuatnya bisa take off dan landing secara vertikan dan bisa melaju secara horisontal.

Kelebihan dari pesawat pemetaan yang satu ini adalah mampu terbang ditempat yang sempit dan bisa bertahan mengudara selama 1 jam per baterainya. Tidak hanya itu, ia juga bisa terbang dengan membawa beban tambahan hingga 500 gram. Tentunya ini sangat tepat jika anda gunakan untuk memetakan wilayah seperti perencanaan tata letak kota, pertambangan, ataupun sejenisnya.

Baca Juga: Manfaat Drone Bagi Kehidupan

4. Drone 3DR X8-M

Drone 3DR X8-M

Drone yang memiliki kemampuan luar biasa ini bisa anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 72.000.000. Harga yang mahal ini terbayarkan dengan kemampuannya yang bisa mengambil data live streaming. Tidak hanya itu, 3DR X8-M ini sudah dilengkapi dengan software pengolah gambar saat terbang dan anda bisa mengatur dan mengendalikan dengan sistem autopilot.

Tentunya drone yang satu ini sangat hebat. Drone ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan visual spektrum peta udara. Karena pesawat ini sudah ditenagai dengan baterai berkapasitas 10.000 mAh sehingga bisa terbang selama 14 menit nonstop dan terbang sejauh 1 KM.

5. AirMapper X8

drone AirMapper X8

Rekomendasi drone untuk pemetaan yang terakhir adalah AirMapper X8. Memiliki bentang sayap 2,12 meter dengan panjang badan 65 cm dan memiliki berat 3,5 kg ini bisa terbang selama 75 menit per satu baterai. Ketika terbang mampu mencapai kecepatan jelajah 20m/s sehingga pemetaan udara akan lebih cepat tanpa mengurangi hasil dari kualitas foto udara.

Drone ini sudah dilengkapai dengan kamera multispectral, kamera RGB, Sensor lidar dan masih banyak lainnya. Ketinggian maksimal yang bisa dicapai adalah 400 meter dari permukaan tanah. Tentunya ini sangat cocok digunakan untuk memetakan wilayah, tambang, survey udara, inspeksi, dan masih banyak lainnya.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Rekomendasi Drone untuk Pemetaan, survey udara, survey volumetric. Untuk membelinya alangkah baiknya disesuaikan dengan kegunaannya. Jika anda sudah memiliki drone, dan ingin belajar menggunakannya untuk pemetaan maka anda bisa mengikuti pelatihan drone dari kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *